Department of Naval Architecture
Vol 6, No 4 (2018): Oktober

Optimasi Propeller Tipe B-Series Dan Kaplan Series Akibat Variasi Jumlah Blade Dan Diameter Pada Kapal Ikan Berbahan PVC 15 GT Menggunakan Metode CFD

Muhammad Rayandra Lubis (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro)
Berlian Arswendo Adietya (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro)
Eko Sasmito Hadi (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2018

Abstract

Baling – baling pada kapal ikan polyvinyl chloride (PVC) pada umumnya membutuhkan beberapa kriteria khusus yaitu baling – baling yang dapat memberikan gaya dorongan besar dengan kebisingan yang rendah, tentunya dalam perancangan propeller dipilih nilai efisiensi yang maksimum tanpa terjadi kavitasi. Maka desain baling – baling harus memiliki nilai thrust besar, nilai tekanan rendah, dan aliran baling-baling yang halus. Penelitian ini membandingkan 2 jenis baling -  baling yaitu B- series, dan Kaplan  series dengan menyamakan beberapa aspek yaitu pengurangan diameter, penambahan jumlah daun, Sehingga didapatkan jenis baling – baling yang optimum untuk kapal ikan Baruna Fishtama, dengan bantuan program Computational Fluid Dynamics (CFD). Dalam proses analisa menggunakan software berbasis CFD,  kami mendapatkan hasil dari semua model baling – baling yaitu  bentuk aliran, nilai thrust dan nilai torque yang berbeda sesuai dengan RPM yang diberikan. Dari ketiga  model yang telah dibandingkan didapat model baling – baling yang optimum yaitu Model 7 Kaplan Series 3 daun(D) pada Rpm 1500 dengan nilai thrust sebesar 40004,60 N, nilai torque sebesar 7884,09  N.m, dan propeller yang paling efisiensi dengan nilai 8,36 %.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

naval

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Jurusan Teknik Perkapalan yang berisi artikel karya ilmiah mahasiswa program Sarjana Teknik Perkapalan universitas ...