Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun melalui picture word induktive model. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah anak-anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas kuantitatif menggunakan triangulasi konstruk sedangkan kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan deskriptif komparatif sedangkan data kualitatif menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan picture word inductive model terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan. Peningkatan dapat dilihat melalui meningkatnya kemampuan membaca permulaan anak yaitu pada pengetahuan huruf abjad, membaca suku kata dan membaca kata berdasarkan gambar dan tulisan. Hasil keseluruhan peningkatan persentase setelah diterapkan picture word inductive model, pada siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 50%. Peningkatan pada siklus II sebesar 75%. Penerapan picture word inductive model dilakukan dengan cara mengeksplorasi sebuah gambar yang bertujuan untuk mengenalkan kosakata ke anak dengan memanfaatkan kemampuan alamiah anak dalam bidang baca tulis. Pelaksanaan PWIM juga menggunakan kartu kata maka secara tidak langsung anak belajar kata dari kartu kata dan kata yang ada dibagan gambar yang dapat menambah pengetahuan anak tentang huruf dan bunyi huruf. Adanya kartu kata juga bisa melatih anak belajar membaca dan mencocokan makna kata dengan bagan gambar. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui picture word inductive model dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun. Key word : kemampuan membaca permulaan, picture word inductive model, anak usia 5-6 tahun
Copyrights © 2019