Abstrak: Penggunaan Model Kontekstual untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas III SDN 3 Karanganyar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan menerapan pembelajaran dengan model kontekstual dalam meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bilangan cacah pada siswa kelas III SD dan menemukan kendala serta solusi selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil menunjukkan bahwa: penerapan model kontekstual dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bilangan cacah pada siswa kelas III. Kendalanya yaitu: siswa malu bertanya, beberapa siswa pasif dalam diskusi kelompok, dan kurang percaya diri saat presentasi. Solusinya ialah: memotivasi siswa, dengan mengajak siswa bermain dengan tujuan lebih mengenal sikap dan kepribadian siswa, mengarahkan siswa untuk bekerja sama dengan kelompok sesuai dengan nama buah, dan membimbing siswa saat menyampaikan presentasi. Kata kunci: Model Kontekstual, Pembelajaran Matematika.
Copyrights © 2016