Abstrak: Efektivitas Tipe Numbered Head Together ditinjau dari Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh: (1) model pembelajaran NHT dan Ekspositori terhadap hasil belajar IPA; (2) minat tinggi dan rendah terhadap hasil belajar IPA; dan (3) interaksi antara model pembelajaran NHT dan Ekspositori dengan minat terhadap hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data tes dan angket. Teknik analisis anava dua jalur dengan cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh modelĀ pembelajaran NHT dan Ekspositori terhadap hasil belajar IPA; (2) ada pengaruh minat belajar tinggi dan rendah terhadap hasil belajar IPA; dan (3) ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran NHT dan Ekspositori dengan minat belajar terhadap hasil belajar IPA.Kata kunci: Numbered Head together, Minat, Hasil Belajar, IPA
Copyrights © 2018