KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)

PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SIDOHARUM TAHUN AJARAN 2016/2017

Fazri, Rosiana Nur (Universitas Sebelas Maret)
Suhartono, Suhartono (Universitas Sebelas Maret)
Joharman, Joharman (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2017

Abstract

Abstrak: Penerapan Model Learning Cycle 7E dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA tentang Gaya di Kelas V SD. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model Learning Cycle 7E dengan metode eksperimen; dan (2) meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya di kelas V SD. Subyek penelitian tindakan kelas kolaboratif ini yaitu  28 siswa kelas V SD N 2 Sidoharum. Pengumpulan data menggunakan tes dan nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis dengan model Milles and Huberman. Hasil penelitian yaitu (1) penerapan model Learning Cycle 7E dengan metode Eksperimen terdiri atas 7 langkah: elicit, engage, explore melalui eksperimen, explain, elaborate melalui melalui eksperimen, evaluate, dan extend; (2) penerapan model Learning Cycle 7E dengan metode eksperimen dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya di kelas V SD.Kata Kunci: Model Learning Cycle 7E, metode eksperimen, IPA

Copyrights © 2017