KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA MODEL BANGUN RUANG DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 3 SELANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Wahyuningsih, Yetty (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Triyono, Triyono (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Suyanto, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2017

Abstract

Abstrak: Penerapan Model Problem Based Learning  (PBL) dengan Media Model Bangun Ruang dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN 3 Selang Tahun Ajaran 2016/2017.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V SDN 3 Selang melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media model bangun ruang. Penelitian ini merupakan PTK kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 3 Selang yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data mengggunakan teknik tes dan nontes (observasi dan wawancara). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media model bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang sifat-sifat bangun ruang. Kata kunci: Problem Based Learning, media model bangun ruang, matematika

Copyrights © 2017