KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)

PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SDN KENOYOJAYAN.

Mugiono, Mugiono (sebelas maret university)
Suyanto, Imam (sebelas maret university)
Rokhmaniyah, Rokhmaniyah (sebelas maret university)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2017

Abstract

Abstrak: Penerapan Model Guided Inquiry dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA tentang Pesawat Sederhana pada Siswa Kelas V Sdn Kenoyojayan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN Kenoyojayan . Penelitian Tindakan Kelas (PTK) koloboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kenoyojayan yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model guided inquiry dengan media konkret dapat meningkatkan  pembelajaran tentang IPA pada siswa kelas V SDN Kenoyojayan.

Copyrights © 2017