KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)

PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKN TENTANG GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SDN 2 PUCANGAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Rofitah, Desi (Unknown)
Suryandari, Kartika Chrysti (Unknown)
Wahyudi, Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2017

Abstract

Abstrak: Penerapan Model Role Playing dalam Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pkn tentang Globalisasi pada Siswa Kelas IV SDN 2 Pucangan Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn tentang globalisasi di kelas IV SD Negeri 2 Pucangan menggunakan model pembelajaran Role Playing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, angket, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.Kata Kunci: role playing, motivasi, hasil belajar PKn

Copyrights © 2017