KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)

PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG GERAK BENDA DAN ENERGI PADA SISWA KELAS III SDN GESIKAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Mutiara, Laila (Unknown)
Ngatman, Ngatman (Unknown)
Suyanto, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2017

Abstract

Abstrak: Penerapan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas III SDN Gesikan Tahun Ajaran 2016/2017.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPA tentang gerak benda dan energi pada siswa kelas III SDN Gesikan melalui penerapan model CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan media konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Gesikan yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data mengggunakan teknik tes dan nontes (observasi dan wawancara). Teknik uji validitas data pada penelitian ini yaitu teknik triangulasi teknik, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang gerak benda dan energi. Kata kunci: CTL (Contextual Teaching and Learning), Media Konkret, IPA 

Copyrights © 2017