Journal of Informatics and Technology
Vol 2, No 4 (2013): Wisuda Oktober 2013

IMPLEMENTASI ISO 8583 UNTUK BILLING ONLINE MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO MELALUI CHANNEL SMS BANKING BANK RAKYAT INDONESIA BERBASIS AIX

Mohammad Ridwan (Unknown)
Djalal Er Riyanto (Unknown)
Eko Adi Sarwoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2014

Abstract

Universitas Diponegoro (UNDIP) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia, yang bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk menangani Billing Online mahasiswa. Sejauh ini BRI telah menyediakan dua channel transaksi untuk menangani Billing Online UNDIP, yaitu Teller dan ATM. Pengembangan channel transaksi lain dapat meningkatkan layanan transaksi Billing Online Mahasiswa UNDIP. Pada tugas akhir ini, dilakukan pengembangan channel SMS Banking dengan implementasi ISO 8583 untuk menghubungkan sistem Billing Online UNDIP dengan channel SMS Banking BRI. Selain itu, channel SMS Banking ini juga didukung oleh Aplikasi pengirim SMS berbasis telepon seluler Android yang dikembangkan untuk mempermudah pengguna atau nasabah, dengan tidak perlu mengingat format SMS transaksi Billing Online UNDIP. Sistem dikembangkan  dengan model proses waterfall dan metode pengujian integrasi. Channel SMS Baning BRI yang dibuat dapat membantu nasabah untuk melakukan transaksi Billing Online Mahasiswa UNDIP secara efisien dalam hal waktu, jarak, dan kecepatan

Copyrights © 2013