Universitas Diponegoro (UNDIP) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia, yang bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk menangani Billing Online mahasiswa. Sejauh ini BRI telah menyediakan dua channel transaksi untuk menangani Billing Online UNDIP, yaitu Teller dan ATM. Pengembangan channel transaksi lain dapat meningkatkan layanan transaksi Billing Online Mahasiswa UNDIP. Pada tugas akhir ini, dilakukan pengembangan channel SMS Banking dengan implementasi ISO 8583 untuk menghubungkan sistem Billing Online UNDIP dengan channel SMS Banking BRI. Selain itu, channel SMS Banking ini juga didukung oleh Aplikasi pengirim SMS berbasis telepon seluler Android yang dikembangkan untuk mempermudah pengguna atau nasabah, dengan tidak perlu mengingat format SMS transaksi Billing Online UNDIP. Sistem dikembangkan dengan model proses waterfall dan metode pengujian integrasi. Channel SMS Baning BRI yang dibuat dapat membantu nasabah untuk melakukan transaksi Billing Online Mahasiswa UNDIP secara efisien dalam hal waktu, jarak, dan kecepatan
Copyrights © 2013