cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Informatics and Technology
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 64 Documents
Rancang Bangun Aplikasi Online Music Store Dengan Menggunakan In-App Purchase Server Product Model Pada Mobile Device Berbasis iPad iOS Dhimas Ernowo P; Ragil Saputra; Priyo Sidik Sasongko
Journal of Informatics and Technology Vol 2, No 1 (2013): Wisuda Januari 2013
Publisher : Jurusan Ilmu Komputer / Informatika, FMIPA UNDIP, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.51 KB)

Abstract

iTunes Store adalah sebuah toko online yang diciptakan Apple Inc. sebagai wadah untuk menjual konten - konten multimedia, iTunes Store tersedia untuk semua pengguna yang sebelumnya telah mengunduh aplikasi pemutar multimedia iTunes. Dengan iTunes Store, pembuat konten multimedia menaruh konten multimedia di dalam store untuk menjualnya, pembayarannya pun sudah diatur dengan AppleID yang berhubungan langsung dengan kartu kredit. Permasalahannya adalah, untuk pembuat konten multimedia, Apple Inc. belum membuka iTunes Store di semua negara. Karena masalah ini, dengan menggunakan Modul In-App Purchase yang tersedia pada iOS SDK, model process sequential linear dan bahasa pemodelan Unified Modeling Language, dibangun sebuah aplikasi Online Music Store berbasis iPad iOS yang bersifat worldwide.. Model Server Product dan Web Service digunakan dalam melakukan rancang bangun aplikasi, akan dijelaskan pula hubungan dan tugas - tugas dari tiga elemen penting dari In-App Purchase Server Product Model, yaitu App Store, Application, dan Developer Server. Sehingga dihasilkan aplikasi Online Music Store yang tidak terbatas oleh dukungan Apple Inc. terhadap iTunes Store.
IMPLEMENTASI VIRTUAL LOW-INTERACTION HONEYPOT DENGAN DIONAEA UNTUK MENDUKUNG KEAMANAN JARINGAN Ahmad Fikri Nurrahman
Journal of Informatics and Technology Vol 2, No 4 (2013): Wisuda Oktober 2013
Publisher : Jurusan Ilmu Komputer / Informatika, FMIPA UNDIP, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1244.684 KB)

Abstract

Ancaman terhadap keberlangsungan kegiatan komunikasi dan pertukaran informasi menjadi topik utama dalam keamanan jaringan. Honeypot merupakan salah satu paradigma terbaru dalam keamanan jaringan yang bertujuan untuk mendeteksi kegiatan yang  mencurigakan dan menjebak penyerang serta mencatat aktifitas yang dilakukannya. Dionaea merupakan salah satu low-interaction Honeypot terbaru sebagai penerus Nephentes. Dionaea membuat emulasi layanan palsu yang akan dijadikan sebagai target utama serangan. Pada penelitian ini, implementasi jaringan dilakukan secara virtual sehingga dapat melakukan simulasi terhadap kinerja sistem dan merupakan suatu tantangan dalam memanfaatkan sumber daya perangkat keras yang terbatas. Adanya simulasi serangan terhadap Honeypot menjadi tolak ukur kinerja terjadap Dionaea. Penetrasi dilakukan dengan menggunakan distro BackTrack berbasis Linux. Tahap awal penetrasi dilakukan dengan port scanning terhadap port yang terbuka lalu melakukan eksploitasi terhadap port tersebut. Dionaea mencatat semua aktifitas serangan atau  eksploitasi yang dianggap dapat membahayakan sistem jaringan
PENERAPAN WEB SERVICES DAN REGULAR EXPRESSION UNTUK VERIFIKASI ALAMAT BERBASIS HASIL PENELUSURAN SITUS KODEPOS PT POS INDONESIA Tegar M. Aji; Djalal Er Riyanto; Helmie Arif Wibawa
Journal of Informatics and Technology Volume 1, Nomor 1, Tahun 2012
Publisher : Jurusan Ilmu Komputer / Informatika, FMIPA UNDIP, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.144 KB)

Abstract

Situs Kodepos PT Pos Indonesia (KPPI) merupakan situs yang menyediakan fasilitas penelusuran data alamat dan kodepos berdasarkan input lokasi dan kota. Data kodepos dan kelengkapan alamat lainnya pada situs KPPI ini diperlukan oleh berbagai pihak. Namun demikian, situs KPPI belum menerapkan antarmuka yang memungkinkan datanya dapat diakses oleh situs lain. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan adanya suatu aplikasi pihak ketiga yang dapat melakukan fungsi penelusuran data ke situs KPPI dan menyediakan antarmuka berupa Web Services (suatu metode pengiriman pesan/data melalui dokumen terstandardisasi). Perangkat lunak Verifikasi Alamat (VA) dikembangkan dalam rangka menyediakan antarmuka pengaksesan data situs KPPI. VA dikembangkan menggunakan bahasa scripting PHP versi 5.3.5. Cakupan fungsional VA yaitu menerima input dari situs klien, melakukan penelusuran ke situs KPPI, menguraikan halaman penelusurannya dengan Regular Expressions (suatu metode untuk memanipulasi data teks), serta mengembalikan hasil data alamat kepada situs klien tersebut. Dengan adanya VA, maka proses pengaksesan data situs KPPI oleh situs klien dapat berlangsung.
ANALISIS PEN PRESSURE TULISAN TANGAN UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEPRIBADIAN SESEORANG MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) Ganis Khufad Arridho; Sukmawati Nur Endah; Aris Sugiharto
Journal of Informatics and Technology Vol 2, No 3 (2013): Wisuda Agustus 2013
Publisher : Jurusan Ilmu Komputer / Informatika, FMIPA UNDIP, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.31 KB)

Abstract

Sifat kepribadian seseorang dapat tergambar dari tulisan tangannya. Ilmu yang mempelajari kepribadian seseorang lewat tulisan tangannya dikenal dengan istilah grafologi. Salah satu cara mengidentifikasi tulisan tangan adalah dengan menganalisis pola tekanan tulisan tangan atau yang disebut pola pen pressure. Pola tekanan tulisan tangan memiliki dua klasifikasi yaitu tekanan tulisan tebal dan tekanan tulisan tipis. Sistem yang dibangun pada tugas akhir ini adalah analisis pen pressure tulisan tangan untuk mengidentifikasi kepribadian seseorang. Terdapat tiga tahap utama untuk menyelesaikan permasalahan yaitu preprocessing, ekstraksi fitur, dan klasifikasi. Metode preprocessing yang digunakan adalah grayscaling citra dan binerisasi citra. Penjumlahan pixel hitam digunakan untuk proses ekstraksi fitur. Untuk pengklasifikasian digunakan metode Support Vector Machine (SVM). Pada tahap pengujian digunakan sebanyak 70 sampel data tulisan tangan, 35 sampel digunakan untuk training dan 35 lainnya digunakan untuk testing. Hasil pengujian dengan melakukan 5 kali eksperimen menunjukkan rata-rata akurasi sebesar 96,54%
APLIKASI PEMBELAJARAN BIOLOGI INTERAKTIF BAGI SISWA KELAS VIII Daniela Rizky R; Beta Noranita; Panji Wisnu Wirawan
Journal of Informatics and Technology Vol 2, No 2 (2013): Wisuda April 2013
Publisher : Jurusan Ilmu Komputer / Informatika, FMIPA UNDIP, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.416 KB)

Abstract

Biologi sebagai mata pelajaran yang wajib dikuasai siswa kelas VIII, dinilai kurang mendapat minat dari para siswa dalam mempelajarinya. Salah satu alasan yang muncul adalah kurangnya model pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa. Segala kelebihan yang dimiliki oleh sistem multimedia dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan untuk menciptakan suatu media pembelajaran alternatif bagi siswa yang membantu memahami materi pembelajaran. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Biologi Interaktif (SIBINTER) ini memanfaatkan model Object-Oriented Software Engineering oleh Bruegge dan Dutoit (2004), sehingga pendekatan sistematik yang berorientasi objek digunakan dalam pengembangan sistem multimedia mulai dari analisis kebutuhan, desain, implementasi sampai kepada evaluasi. Dengan dihasilkannya SIBINTER dengan memanfaatkan metode, siswa kelas VIII mendapatkan sebuah alternatif media pembelajaran baru yang lebih interaktif, terutama untuk materi pertumbuhan dan perkembangan manusia, sistem gerak manusia, sistem pencernaan manusia, sistem pernafasan manusia, dan sistem peredaran darah manusia.
E-COMMERCE UNTUK PENJUALAN GERABAH PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUB) BAYU SETO KABUPATEN KENDAL Handini Sekar Utami; Beta Noranita; Nurdin Bahtiar
Journal of Informatics and Technology Volume 1, Nomor 1, Tahun 2012
Publisher : Jurusan Ilmu Komputer / Informatika, FMIPA UNDIP, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.111 KB)

Abstract

Kelompok Usaha Bersama (KUB) Bayu Seto merupakan satu-satunya swadaya masyarakat di Kendal yang berusaha untuk mempertahankan eksistensi industri gerabah di wilayahnya. Selama ini KUB Bayu Seto merasa kesulitan dalam melakukan pemasaran dan memperdagangkan produknya, sehingga diperlukan sebuah media yang dapat membantu para perajin gerabah untuk memasarkan gerabahnya. Oleh karena itu, e-commerce merupakan cara yang tepat bagi KUB Bayu Seto untuk menjual barang yang mereka miliki melalui internet. Dengan adanya e-commerce, KUB Bayu Seto dapat memasarkan produknya ke berbagai daerah serta mengembangkan usaha gerabah yang mereka miliki. Aplikasi E-commerce Penjualan Gerabah dikembangkan dengan menggunakan model proses waterfall, dan dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta untuk basisdatanya menggunakan MYSQL.
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN DAN ANALISIS LAHAN PERTANIAN DI KABUPATEN PEKALONGAN Nikmah Rahmawati; Ragil Saputra; Aris Sugiharto
Journal of Informatics and Technology Vol 2, No 1 (2013): Wisuda Januari 2013
Publisher : Jurusan Ilmu Komputer / Informatika, FMIPA UNDIP, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.354 KB)

Abstract

Kabupaten Pekalongan mempunyai persediaan areal lahan untuk pengembangan pertanian bila ditinjau dari segi luasan dan teknis budayanya. Penyebaran informasi lahan pertanian yang belum maksimal, secara tidak langsung dapat memperlambat pengembangan pertanian, sehingga diperlukan suatu sistem yang dapat memberikan informasi tentang pemetaan lahan yang dapat diakses dengan mudah oleh Dinas Pertanian dan masyarakat. Selain memetakan lahan pertanian, dibutuhkan analisis lahan pertanian yang menghasilkan informasi tentang kecamatan yang memiliki lahan pertanian terluas beserta hasil pertanian tertinggi  yang dapat digunakan untuk mengetahui potensi pertanian yang dimiliki dari kecamatan tersebut. Data yang dipakai dalam proses analisis lahan pertanian adalah data hasil pertanian dan data lahan pertanian berdasarkan jenis pengairan. SIG Pertanian dibangun menggunakan MapServer, bahasa pemrograman PHP, dan sistem manajemen basis data MySQL. Sistem ini menyajikan informasi hasil pertanian, curah hujan dan tinggi tanah dari permukaan air laut dalam bentuk peta digital serta analisis lahan pertanian berdasarkan pengairan
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS RENCANA TATA RUANG WILAYAH KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2010-2030 MENGGUNAKAN PHP DAN POSTGRESQL (STUDI KASUS : BAPPEDA KABUPATEN MAGELANG) Achmad Machmud; Djalal Er Riyanto; Indriyati Indriyati
Journal of Informatics and Technology Vol 1, No 2 (2012): Wisuda April 2012
Publisher : Jurusan Ilmu Komputer / Informatika, FMIPA UNDIP, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1309.249 KB)

Abstract

Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan kumpulan dari perangkat keras komputer, perangkat lunak dandata yang disimpan, dikelola, dianalisa dan disajikan ke dalam bentuk informasi yang bereferensi geografi.Salah satu pemanfaatannya adalah untuk penyusunan dan penyajian Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).RTRW merupakan acuan perencanaan pembangunan bagi pemerintah, swasta dan masyarakat dalam periodetertentu. Dalam upaya peningkatan keterbukaan informasi khususnya data RTRW, maka dikembangkan SIGRTRW Kabupaten Magelang berbasis web yang dapat diakses secara cepat dan mudah. Pengembangan SIGdilakukan dengan menggunakan proses model linier sekuensial yang merupakan pendekatan secarasistematik dan berurutan. SIG RTRW menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data PostgreSQL.SIG RTRW dapat menyajikan peta administrasi kabupaten, data fasilitas umum, data kependudukan dan hasilRTRW periode 2010-2030 sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi tersebut
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN HASIL PEMILIHAN UMUM (STUDI KASUS : PEMILIHAN UMUM WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA SEMARANG TAHUN 2010) Puji Wahyu Estiani; Djalal Er Riyanto; Putut Sri Wasito
Journal of Informatics and Technology Vol 2, No 1 (2013): Wisuda Januari 2013
Publisher : Jurusan Ilmu Komputer / Informatika, FMIPA UNDIP, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.518 KB)

Abstract

Sistem Informasi Geografis Pemetaan Hasil Pemilu adalah sistem berbasis web yang dirancang untuk mengolah data hasil Pemilu dan menyajikan informasi yang dikemas secara lebih menarik dalam bentuk peta dijital. Data hasil Pemilu merupakan data yang sangat penting yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan seperti Komisi Pemilihan Umum, partai politik, dan kalangan masyarakat. Data tersebut disimpan dalam sebuah basis data sehingga proses penyimpanan dan pemutakhiran data dapat dilakukan dengan cepat dan akurat. Sistem ini dikembangkan menggunakan metode sekuensial linier, dibangun  dengan  bahasa pemrograman  PHP,  penanganan  data  spasial  menggunakan  MapServer,  dan manajemen data menggunakan PostgreSQL yang dilengkapi fitur PostGIS. Sistem ini menghasilkan informasi yang mempermudah pengguna dalam melakukan analisis hasil Pemilu yang membutuhkan aspek kewilayahan, diantaranya analisis tentang tingkat partisipasi pemilih, tingkat pemahaman pemilih, dan persentase jumlah pemilih untuk masing-masing calon.
ANALISIS POLA GARIS DASAR TULISAN TANGAN UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEPRIBADIAN SESEORANG MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) Eko Prasetiawan; Aris Sugiharto; Sukmawati Nur Endah
Journal of Informatics and Technology Vol 2, No 3 (2013): Wisuda Agustus 2013
Publisher : Jurusan Ilmu Komputer / Informatika, FMIPA UNDIP, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.187 KB)

Abstract

Grafologi merupakan teknik untuk mengetahui kepribadian seseorang melalui tulisan tangan dengan menggunakan beberapa fitur yang ada pada tulisan, salah satunya yaitu fitur garis dasar tulisan tangan. Aplikasi analisis pola garis dasar tulisan tangan ini dibangun menggunakan metode Support Vector Machine (SVM) yang terbagi menjadi dua tahapan yaitu tahap pelatihan dan tahap pengujian. Pada tahap pelatihan terdapat dua tahapan yaitu tahap analisis citra dan penentuan kelas citra. Adapun keluaran dari tahap analisis citra ini adalah data berupa titik absis yang disimpan dalam bentuk file txt yang nantinya digunakan di tahap pengujian. Sedangkan tahap pengujian dilakukan untuk mengetahui seberapa besar akurasi ketepatan aplikasi yang dibuat dapat bekerja mengklasifikasikan data masukan sekaligus memberikan hasil berupa identifikasi kepribadian pengguna. Tahap pengujian dilakukan sebanyak 5 kali dengan menggunakan dua skenario dengan total jumlah data yang digunakan sebanyak 90 data. Skenario pertama menggunakan jumlah data yang sama antara data pelatihan dan pengujian, menghasilkan persentase keberhasilan dengan rata-rata 98,00%, sedangkan skenario kedua yang menggunakan jumlah data yang berbeda antara data pelatihan dan pengujian, menghasilkan persentase keberhasilan dengan rata-rata 97,85%