KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN

PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS IIIA SDI ULIL ALBAB KEBUMEN

kurniasari, Evita (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2015

Abstract

Oleh:Evita Kurniasari 1, Wahyudi 2, Joharman 3PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. Jl. Slamet Riyadi No. 449, Surakarta e-mail: evitakurnia@gmail.com Abstract: The Use Sociodrama Method by Audio Visual Media To Improve Listening Comprehension At The Third Grade Students Of SDI Ulil Albab Kebumen. The purpose of this study to describe steps of using Sociodrama method with audio-visual media at the third grade students of SDI Ulil Albab Kebumen. This research was a collaborative Classroom Action Research (CAR) using a research design cycle. Subjects of this research were 29 students of class IIIA SDI Ulil Albab Kebumen, consisting of 19 males and 10 females. This study was conducted in 3 (three) cycles. Each cycle consists of four elements: planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that the use of Method Sociodrama with Audio-Visual media can improve listening comprehension. The conclusion of this research is the use of sociodrama method with audio-visual media can improve students? listening comprehension at the third grade students of SDI Ulil Albab Kebumen. Keywords: sociodrama, audio visual, listening. Abstrak: Penggunaan Metode Sosiodrama dengan Media Audio Visual untuk Peningkatan Pembelajaran Menyimak Pada Siswa Kelas IIIA SDI Ulil Albab Kebumen. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode sosiodrama dengan media audio visual dalam meningkatkan  pembelajaran menyimak  pada siswa kelas IIIA SDI Ulil Albab Kebumen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan penelitian siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IIIA SDI Ulil Albab Kebumen yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 19 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Tiap siklus terdiri atas empat unsur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan metode sosiodrama dengan media audio visual dapat meningkatkan pembelajaran menyimak. Simpulannya adalah penggunaan metode sosiodrama dengan media audio visual dapat meningkatkan pembelajaran menyimak siswa kelas IIIA SDI Ulil Albab Kebumen.Kata kunci: sosiodrama, audio visual, menyimak.

Copyrights © 2018