KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)

PENGGUNAAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KALISARI TAHUN AJARAN 2013/2014

Wahyuningsih, Sri Endah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2015

Abstract

Abstract: The Use of Realistic Mathematics Education Approach (RME) in Increasing Mathematics Learning about Integer IV Grade Students of SDN 2 Kalisari. This research aims to improving mathematics learning about integer. Colaborative Classroom Action Research was conduted in three cycles. Each cycle there were two meetings that consist of planning, action, observation, and reflections. Data collection techniques used testing, observation, and interviews, and documentations. This validity of data used triangulation techniques and triangulation of data sources. Data analysis applied the analysis of qualitative data and quantitative data. The results showed the use of Realistic Mathematics Education Approach (RME) can be improve Mathematics learning for fourth grade student of elementary school. Keywords: RME, Mathematics Abstrak: Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Bilangan bulat Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat siswa kelas IV SD. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN 2 Kalisari sejumlah 22 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan metode triangulasi. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan PMR dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat siswa kelas IV SD. Kata kunci: PMR, Matematika

Copyrights © 2015