Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP HASIL KEMAMPUAN SERVIS ATAS SEPAK TAKRAW PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMA MTA SURAKARTA TAHUN 2012

Herawan, Andhica Harfie (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara model pembelajaran langsung dan model pembelajaran tidak langsung terhadap hasil kemampuan servis sepak takraw pada siswa ektrakurikuler SMA MTA Surakarta tahun 2012. (2) Untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang lebih baik antara pembelajaran lansung dan tidak langsung terhadap hasil kemampuan servis sepak takraw pada siswa ektrakurikuler SMA MTA Surakarta tahun 2012.Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen Kuasi (PEK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa ektrakurikuler SMA MTA Surakarta Tahun 2012 yang berjumlah 14 orang.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes servis atas sepak takraw. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) Analisis Statistik Deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) model pembelajaran tidak langsung lebih baik untuk meningkatkan hasil kemampuan servis atas sepak takraw pada siswa ekstrakurikuler SMA MTA Surakarta tahun pelajaran 2012. Keefektifan model pembelajaran tidak langsung seperti ditunjukan oleh hasil analisis data tes awal terhadap kegiatan ektrakurikuler sepak takraw dalam pembelajaran selama 3 kali pertemuan dalam 1 minggu selama 6 minggu memiliki persentase sebanyak 61,88%. Sedangkan model pembelajaran langsung memiliki persentase sebanyak 32,82%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran tidak langsung lebih efektif dalam meningkatkan hasil kemampuan servis atas sepak takraw pada siswa ekstrakurikuler SMA MTA Surakarta tahun 2012. (2) Hasil Kemampuan servis atas sepak takraw dengan model pembelajaran tidak langsung lebih baik dari pada model pembelajaran langsung. Dari rata-rata hasil tes akhir model pembelajaran tidak langsung adalah 14,57 sedangkan rata-rata test akhir model pembelajaran langsung adalah 12,14.Kata kunci: Model pembelajaran langsung, Model pembelajaran tidak langsung, Hasil kemampuan servis atas sepak takraw.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

penjaskesrek

Publisher

Subject

Education Public Health

Description

Terbit dua kali dalam setahun pada bulan Mei dan Nopember , (ISSN 1979 -3103) berisi naskah hasil Penelitian, gagasan konseptual,iptek mengenai pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa ...