Jurnal Pendidikan Matematika SoLuSi ( Tersohor Luas dan Berisi )
Vol 1, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, Volume 1, Nomor 4, Juli 2017

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA TERHADAP MATERI POKOK STATISTIKA DITINJAU DARI KEBIASAAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Setyorini, Intan Ayu (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sebelas Maret)
Pramudya, Ikrar (Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sebelas Maret)
Setiawan, Rubono (Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep statistika pada siswa yang memiliki kebiasaan belajar matematika tinggi, sedang, dan rendah kelas XII IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling. Subjek penelitian ini ada 6 orang siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta yang terdiri dari 2 orang siswa dari kelompok kebiasaan belajar matematika tinggi, 2 orang siswa kelompok sedang, dan 2 orang siswa kelompok rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara berbasis tugas yang dilakukan pada materi statistika. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) tingkat pemahaman konsep siswa kategori kebiasaan belajar matematika tinggi sampai pada tingkat memahami sebagian, (2) tingkat pemahaman konsep siswa kategori kebiasaan belajar matematika sedang sampai pada tingkat memahami sebagian dengan miskonsepsi tertentu, dan (3) tingkat pemahaman konsep siswa kategori kebiasaan belajar matematika rendah sampai pada tingkat tidak memahami.

Copyrights © 2017