Pendidikan Teknik Bangunan
Vol 6, No 6 (2015): Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA KELAS X PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL SMK NEGERI 5 SURAKARTA

Aprilya, Riesky (Unknown)
Sutrisno, Sutrisno (Unknown)
M, Eko Supri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui efektifitas belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (2) Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Sipil C SMK N 5 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Triangulasi data digunakan untuk menjaga validasi data, sedangkan untuk teknik analisa data digunakan teknik analisis interaktif. Kesimpulan penelitian adalah: (1) Adanya efektifitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. (2) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.Kata Kunci : Jigsaw, efektifitas, prestasi belajar

Copyrights © 2015