Industrial Engineering Online Journal
Vol 5, No 3 (2016): Wisuda Juli Tahun 2016

ANALISIS SENSITIVITAS RESPON KONSUMEN TERHADAP PERLUASAN MEREK PADA PRODUK CIMORY DI SEMARANG

Helaria Ardelia Wigi Kusuma (Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro)
Arfan Bakhtiar (Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro)
Sriyanto Sriyanto (Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2016

Abstract

Bakpao dari cimory merupakan hasil perluasan merek yang dilakukan oleh PT. Cisarua Mountain Daily dari produk lama yaitu susu dan yoghurt. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat sensitivitas respon konsumen terhadap perluasan merek dan untuk mengetahui arah respon konsumen terhadap perluasan merek yang dilakukan oleh cimory. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100. Metode yang digunakan adalah Hierarchy of Effect dimana ada enam tahapan dalam metode ini. Hasil penelitian menunjukkan nilai sensitivitas respon konsumen terhadap perluasan merek cimory dari produk yoghurt ke bakpao adalah 1,917. Ini menunjukkan hasil yang sensitif atau dapat dibilang signifikan. Perubahan respon konsumen menunjukkan arah positif dimana nilai ini menunjukkan sebesar 8 begitu juga dengan stimuli itu sendiri dimana hasil perubahan menunjukkan nilai sebesar 12. Nilai positif menunjukkan bahwa perluasan merek yang dilakukan oleh cimory terhadap produk bakpao mendapat respon yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk yoghurt.   ABSTRACTSENSITIVITY ANALYSIS OF CONSUMER RESPONSE TOWARD BRAND EXTENSION OF CIMORY PRODUCTS IN SEMARANG. Bakpao of cimory is the result of brand extension by PT. Cisarua Mountain Daily of old products, namely milk and yoghurt. This study aims to determine the level of sensitivity of the consumer response to the brand extension and to know the direction of consumer response to the brand extension done by cimory. Respondents in this study as many as 100. The method used is the Hierarchy of Effect where there are six stages in this method. The results showed the sensitivity value consumer response to the brand extension cimory of yogurt products to bakpao is 1.917. It shows the results that can be considered sensitive or significant. Changes in consumer response indicates a positive direction where the value is demonstrated by 8 as well as the stimulus itself which change results showed a value of 12. A positive value indicates that the brand extension to the product done by cimory bakpao got higher responses compared to yoghurt products.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ieoj

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

INDUSTRIAL ENGINEERING ONLINE JOURNAL adalah Karya Ilmiah S1 Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro yang memuat tulisan ilmiah dan hasil-hasil penelitian, kajian ilmiah, analisis dan pemecahan permasalahan di Industri yang erat hubungannya dengan bidang Ilmu Teknik ...