Abstrak Penelitian ini didasarkan pada kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Kelas A, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Pasundan (Unpas) Bandung, pada semester genap tahun akademik 2018/2019, mata kuliah Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa Pendidikan Ekonomi kelas A terkait kemampuan menulis paragraf narasi dengan menggunakan model multisensori. Tujuan lain yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan apakah model multisensori ini dapat digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf narasi. Metode penelitian yang digunakan adalah mmetode eksperimen semu jenis nonrandomized control group pretest-posttest design. Setelah diberikan perlakuan, hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Kelas A semester genap mampu menulis paragraf narasi dapat diterima. Nilai prates rata-rata 56,50 dengan nilai konversi 2,26 berada pada kategori nilai Cukup (C), dan nilai rata-rata pascates 78,00 dengan nilai konversi 3,12 berada pada kategori nilai Baik (B). Jadi, adanya peningkatan sebesar 21,50 atau 0,86. Hipotesis model multisensosi dapat digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf narasi pada mata kuliah Bahasa Indonesia di Program Studi Pendidikan Ekonomi Kelas A FKIP Unpas, juga dapat diterima. Hasil prates dan pascates pada uji thitung sebesar 21,98 dan ttabel pada tingkat kepercayaan 95% sebesar 2,03 dengan derajat kebebasa 35. Ini artinya thitung ttabel. Dari fakta-fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa semua hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.
Copyrights © 2019