Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh musik jazz terhadap kecerdasan emosi remaja kelas XI SMA Semarang.Desain penelitian yang digunakan adalah non-randomized pretest-posttest control group design. Subjek pada penelitian ini masing-masing kelompok berjumlah 10 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala kecerdasan emosi sebanyak 60 aitem.Hasil pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik Wilcoxon Sign Rank dan Mann-Whitney. Uji yang dilakukan dengan teknik Wilcoxon Sign Rank menghasilkan nilai signifikasi lebih besar dari taraf nyata, yakni 0,552 (p= 0,05). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan skor kecerdasan emosi siswa sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen. Sedangkan uji yang dilakukan dengan menggunakan teknik Mann-Whitney menghasilkan taraf signifikasi lebih besar dari taraf nyata, yakni 0,54 (p=0,05). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan skor kecerdasan emosi siswa pada kelompok control dan kelompok eksperimen.
Copyrights © 2013