Humanitas: Indonesian Psychological Journal
Vol 15, No 2: August 2018

Program Empathy Character Building untuk Menurunkan Perilaku Bullying pada Siswa SMP Inklusi

Faizah Faizah (Psikologi Universitas Brawijaya, Indonesia)
Ulifa Rahma (Psikologi Universitas Brawijaya, Indonesia)
Yunita Kurniawati (PSikologi Universitas Brawijaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2018

Abstract

Perilaku bullying yang banyak terjadi di sekolah-sekolah membawa dampak negatif bagi siswa. Banyak program-program intervensi yang telah diaplikasikan untuk menurunkan perilaku bullying. Program Empathy Character Building merupakan proses pembelajaran mengelola karakter empati siswa yang berfungsi untuk mengurangi perilaku yang berfokus pada perilaku bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek program Empathy Character Building terhadap penurunan perilaku bullying. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Inklusi sebanyak 18 siswa yang memiliki teman berkebutuhan khusus di kelas. Penelitian ini menggunakan Pretest Posttest Experiment Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh program Empathy Character Building terhadap penurunan perilaku bullying pada siswa kelas VII SMP Inklusi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

HUMANITAS

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

HUMANITAS (ISSN: 1693-7236) focuses on psychology research and cover all branch of psychology sciences. This journal is peer-review. Jurnal Humanitas berfokus pada penelitian psikologi and mencakup semua cabang ilmu psikologi. Jurnal ini merupakan jurnal ...