Irfani
Vol. 15 No. 2 (2019): Irfani (e-Journal)

Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Mempraktikkan Shalat bagi Peserta Didik MI al-Wathaniyah Kota Gorontalo

Devikasari A.H Datau (Unknown)
Muhammad Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Artikel ini membahas tentang penggunaan video pembelajaran di MI al-Wathaniyah Kota Gorontalo. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mempraktikkan shalat bagi peserta didik di MI al-Wathaniyah Kota Gorontalo melalui penggunaan video pembelajaran. Penelitian deskriptif (descriptive research) yaitu jenis penelitian yang memberikan gambaran atau uraian atas sesuatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengguanakan video pembelajaran sangat efektif dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mempraktikkan shalat, video pembelajaran mempermudah guru dalam mengajar juga sangat mempermudah peserta didik dalam menelaah serta membuat peserta lebih cepat memahami gerakan-gerakan serta bacaan´dalam shalat. Penggunaan video pembelajaran khususnya dalam menerapkan materi khususnya pada kemampuan mempratikkan dapat dilihat dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mempraktikan shalat dengan adanya suara serta gambar yang dapat mereka lihat secara langsung sehingga merangsang perhatian serta dapat mengasah kemampuan peserta didik dalam mempraktikkan shalat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IRFANI

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Irfani adalah Jurnal Pencerahan untuk peradaban. diterbitkan oleh Insititut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai ...