Gema Pendidikan
Vol 27, No 1 (2020): Januari, Gema Pendidikan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEMBASEDINSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGERJAAN HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS VI

Hj. WAMPIKA (Sekolah Dasar Negeri 87 Kendari)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2020

Abstract

Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I ketuntasan belajar mencapai  65,2% dan padasiklus II mencapai 82,6%.Persentase aktivitas belajar siswa pada siklusI pertemuan pertama 60% dan pertemuan kedua 70% sedangkan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus II pertemuan pertama 80% dan pertemuan kedua 90%. Persentase aktivitas mengajar guru pada siklusI pertemuan pertama 72,5% dan pertemuan kedua 80% sedangkan persentase aktivitas belajarsiswa pada siklus II pertemuan pertama 87,5% dan pertemuan kedua 92,5%.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswakelas VI SD Negeri 87 Kendari.Berdasarkan kesimpulan di sarankan agar guru menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam mengajarkan mata pelajaran di sekolah, karena model pembelajaran ini efektif meningkatkan hasil belajar Matematika siswa secara signifikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...