Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 7, No 3 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 13 KENDARI

Saranani, Achmad (Unknown)
Hasnawati, Hasnawati (Unknown)
Prajono, Rahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kendari dan dipilih sampel sebanyak 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk uraian. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan : (1) Persentase tingkat keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write selama 7 kali pertemuan secara berturut turut adalah 88,24%, 82,35%, 88,24%, 94,12%, 94,12%, 94,12% dan 94,12%  sedangkan persentase tingkat keaktifan siswa pada 7 kali pertemuan berturut-turut adalah 86,67%, 86,67%, 90%, 91,67%, 91,67%, 91,67% dan 91,67%. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII3 SMP Negeri 13 Kendari yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write pada materi lingkaran dengan rata-rata yaitu 79,843. (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII4 SMP Negeri 13 Kendari yang diajar dengan menggunakan pembelajaran langsung pada materi lingkaran dengan rata-rata yaitu 74,687. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kendari.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...