Jurnal Bébasan
Vol 1, No 1 (2014): BÉBASAN Edisi Juni 2014

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DI KELAS XII SMA NEGERI 2 PANDEGLANG

Karliana, Neli Fori (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2017

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan kemampuan menulis siswa masih rendah, dan dianggap kegiatan menulis sebagai tugas yang berat. Anggapan tersebut timbul karerna kegiatan menulis memerlukan banyak tenaga, waktu, serta perhatian yang sungguh-sungguh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran berbasis pendekatan portofolio dalam menulis cerpen, mengetahui peningkatan kemampuan menulis cerpen dengan model pembelajaran berbasis pendekatan portofolio, serta mengetahui kelebihan dan kelemahan model pembelajaran berbasis pendekatan portofolio dalam menulis cerpen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat secarateoretis dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pratindakan, perlakuan model portofolio siklus I, dan perlakuan model portofolio siklus II. Hasil penelitian memberikan simpulan bahwa penggunaan model pembelajaran portofolio dalam menulis cerpen dapat meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

bebasan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BÉBASAN is a journal aiming to publish literary studies (either Indonesian, local, or foreign literature) and linguistic studies (either applied linguistic and/or linguistic in pedagogy). All articles in BÉBASAN have already passed reviewing process by peer reviewers and edited by editors. ...