Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kesulitan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 11 Sumbawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengambilan subjek penelitian dilakukan menggunakan populasi dengan jumlah 70 siswa kelas 4 SDN 11 Sumbawa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian skala dan nilai raport. Untuk skalanya menggunakan skala kesulitan belajar. Skala kesulitan belajar terdiri dari 28 item dengan koefisien validitas antara 0,310 sampai dengan 0,794 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,739. Hasil dari dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara Kesulitan Belajar dan Prestasi Belajar nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,419 dengan nilai p hitung = 0,0001 / p<0,05. Berdasarkan perhitungan rata-rata secara umum, hubungan antara kesulitan belajar dan prestasi belajar berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil perhitungan untuk data yang diperoleh dari skala Kesulitan Belajar dari 70 subjek didapatkan 8 subjek (11,4%) berada pada kategori sangat tinggi, 6 subjek (8,6%) berada pada kategori tinggi, 34 subjek (48,6%) berada pada kategori sedang, 21 subjek (30%) berada pada kategori rendah, dan 1 subjek (1,4%) yang berada pada kategori sangat rendah. Hasil Perhitungan untuk data yang diperoleh dari Prestasi Belajar dari 70 subjek didapatkan 3 subjek (4,3%) berada pada kategori sangat tinggi, 14 subjek (20%) berada pada kategori tinggi, 36 subjek (51,4%) berada pada kategori sedang, 15 subjek (21,4%) berada pada kategori rendah, dan 2 subjek (2,9%) yang berada pada kategori sangat rendah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019