Jurnal Psimawa : Diskursus Ilmu Psikologi dan Pendidikan
Vol 1 No 1 (2019): PSIMAWA

HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA

Tulus Sukmawansyah, Abdika (Unknown)
Hakim, Lukmanul (Unknown)
Hartono, Roni (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-regulated learning dengan prestasi  akademik mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling, penarikan sampel menggunakan bantuan rumus slovin dan penetapan sampel secara refresentatif menggunakan cluster sampling. Sampel penelitian berjumlah 73 orang mahasiswa fakultas psikologi Universitas Teknologi Sumbawa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa skala self-regulated learning dan lembar IPK mahasiswa. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan validitas konstrak berdasarkan analisis faktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan (korelasi) positif dan signifikan antara self-regulated learning dan prestasi akademik dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,420 dengan nilai p hitung = 0,0001 / p < 0,05 yang berarti semakin tinggi self-regulated learning mahasiswa, maka akan semakin baik prestasi akademik mahasiswa, dan begitupun juga sebaliknya. Semakin rendah self-regulated learning mahasiswa, maka akan semakin rendah pula prestasi akademik mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, secara umum self-regulated learning mahasiswa fakultas psikologi Univeristas Teknologi Sumbawa berada pada kategori sedang dan prestasi akademik mahasiswa berada pada kategori tinggi. Self-regulated learning memberikan sumbangan efektif terhadap prestasi akademik mahasiswa fakultas psikologi Universitas Teknologi Sumbawa sebesar 17.7% dan 82.3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PSIMAWA

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JURNAL PSIMAWA: Diskursus Ilmu psikologi dan Pendidikan merupakan jurnal berkala ilmiah yang dipublikasi oleh Fakultas Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa terbit setahun dua kali, yakni bulan Juni dan Desember. Jurnal Psimawa berisikan tulisan ilmiah berupa hasil penelitian, survei, gagasan ...