Journal of Teaching and Learning Physics
Vol 5, No 1 (2020): Journal of Teaching and Learning Physics (February 2020)

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF

Raehan Raehan (Universitas Islam Negeri Mataram)
Kurniawan Arizona (Universitas Islam Negeri Mataram)
Bahtiar Bahtiar (Universitas Islam Negeri Mataram)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah. Sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Ad-Diinul Qayyim dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Adapun materi yang digunakan adalah Tekanan Zat. Penelitian ini dilaksanakan pada semester kedua tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan meliputi 1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru; 2) lembar observasi aktivitas peserta didik; 3) instrumen tes penguasaan konsep dan instrumen tes keterampilan berpikir kreatif berupa soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan peguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif, dengan diproleh skor sebagai berikut: Untuk penguasaan konsep pada siklus I diperoleh 65.52% dan siklus II 89.65%. Sedangkan keterampilan berpikir kreatif  dengan menggunakan tes berupa soal essay diperoleh 37.93% dan siklus II 93%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jtlp

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics is a peer-reviewed journal on Physics Education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published by Departement of Physics Education Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati ...