Jurnal Ilmiah KOMPUTASI
Vol 12, No 2 (2013): Desember

RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BUDAYA INDONESIA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

Glenn Lauren (Universitas Gunadarma)
Murtiwiyati Murtiwiyati (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2019

Abstract

Penulisan ini menguraikan tentang metode perancangan dan pembuatan aplikasi pembe-lajaran budaya Indonesia untuk anak sekolah dasar dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yaitu melalui smartphoneberbasis android.Pembuatan aplikasi pembelajaran bu-daya ini dengan menggunakan software berbasis Java dan XML. Pengembangan aplikasi ini menggunakan model waterfall. Aplikasi ini menampilkan informasi tentang budaya In-donesia yang akan dibagi ke dalam 6 kategori, yaitu : pakaian adat, rumah adat, tarian adat, senjata tradisional, alat musik, dan suku. Dimana masing-masing kategori diberikan 1 contoh dari setiap provinsi. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan latihan-latihan soal, yang berisi pertanyaan seputar kebudayaan yang sudah dijelaskan dalam aplikasi tersebut. Untuk mempermudah pencarian juga akan ditambahkan fasilitas search dengan mengetikan nama provinsi tiap budaya.Berdasarkan pada hasil uji coba, aplikasi ini dapat berjalan dengan sangat baik pada perangkat berbasis android dengan versi 2.3 ke atas.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

komputasi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Ilmiah Komputasi ISSN : 1412-9434 adalah jurnal ilmiah di bidang Komputer dan Komunikasi yang memuat tulisan-tulisan ilmiah mengenai penelitian-penelitian di bidang: perangkat keras, perangkat lunak, komputasi, jaringan komputer dan komunikasi data. Jurnal terbit empat kali dalam setahun ...