Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis
Vol 2, No 2 (2016): PEKOBIS

PENGARUH TAYANGAN IKLAN TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SOFT DRINK MERK FANTA (STUDI KASUS PADA SISWA SMA NEGERI 1 TALUN BLITAR)

SAIFUL ANWAR (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2017

Abstract

Setiap perusahaan yang bergerak dalam dunia bisnis pasti menginginkan kesuksesan dalam usahanya. Pada dasarnya tujuan suatu bisnis adalah menciptakan para pelanggan yang terpuaskan melalui penjualan produk yang dihasilkan dengan mempertahankan, meningkatkan, berinovasi terbaik, menjaga kualitas dan kuantitas produk sesuai dengan permintaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi produk soft drink merek Fanta (2) Deskripsi siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar, (3) Pengaruh tayangan iklan televisi secara langsung baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian  merek soft drink Fanta pada Siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif eksplanatory dengan menggunakan teknik regresi linear berganda, dengan pengambilan menggunakan propotionate random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tayangan iklan televisi yang terdiri dari isi pesan (X1), struktur pesan (X2), format pesan (X3), dan sumber pesan (X4) dapat mempengaruhi 60,7 % keputusan pembelian  merek soft drink Fanta, dimana sisanya 39,3 % lainnya keputusan pembelian  dipengaruhi oleh variabel dan faktor lain diluar model ini. Kata kunci: Tayangan Iklan Televisi, Keputusan Pembelian

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Pekobis

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal PEKOBIS (Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis) is focused in field education, economic and business. The scope of research studies published in PEKOBIS is the field of: EDUCATION (Teaching Material, Teaching Evaluation, Learning Media, Learning Method, Education Technology, Education, ...