Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Vol 5, No 2 (2019)

MODEL PENILAIAN PEMBELAJARAN DI PAUD INKLUSIF

Rizka Harfiani (Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan)
Hasrian Rudi Setiawan (Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2019

Abstract

Salah satu komponen penting untuk mengetahui keefektifan proses pembelajaran adalah penilaian. Permasalahan dalam merancang model penilaian pembelajaran kerap ditemui oleh guru, khususnya bagi guru yang mengajar di lembaga berbasis pendidikan inklusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis model penilaian pembelajaran yang diterapkan di lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) yang berbasis pendidikan inklusif yaitu di Raudhatul Athfal An-Nahl, Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles and Huberman, serta pengujian keabsahan data dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa di RA. An-Nahl dilakukan dua jenis penilaian yaitu assessment for learning dan assessment of learning. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model assessment yang diterapkan mampu memberikan penilaian kepada siswa terhadap peningkatan pembelajaran dari aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ihya

Publisher

Subject

Education

Description

Ihya' al 'Arabiyah is a peer-reviewed academic journal, established in 2015 as part of the UIN Sumatera Utara Medan. Ihya' Journal is dedicated to the publication of scholarly articles in various branches of Arabic Studies, by which exchanges of ideas as research findings is facilitated. Ihya' ...