Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Vol 5, No 2 (2019)

PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM PADA PROGRAM KURSUS BAHASA ARAB SPESIAL RAMADHAN DI PONDOK PESANTREN DARUL LUGHAH WAD DIRASATIL ISLAMIYAH PAMEKASAN - MADURA

Mahbub Humaidi Aziz (Jurusan Sastra Arab, Prodi Pendidikan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang)
M. Syathibi Nawawi (Jurusan Sastra Arab, Prodi Pendidikan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang)
Muhammad Alfan (Jurusan Sastra Arab, Prodi Pendidikan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2019

Abstract

Penilitian tentang pembelajaran maharah kalam pada program kursus bahasa Arab spesial Ramadhan di Pondok Pesantren Darul Lughah Wad Dirasatil Islamiyah (PP. DLWI) Pamekasan Madura ini menarik untuk dikaji, karena program ini dapat menjadikan pesertanya mampu berbicara bahasa Arab dalam 21 hari sesuai tingkatan masing-masing, yaitu mubtadi’, mutawassith, dan mutaqaddim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) proses pembelajaran maharah kalam dari segi materi, metode, media dan evaluasi, (2) efektivitas, dan (3) efisiensi pembelajaran maharah kalam pada program kursus bahasa Arab spesial Ramadhan di PP DLWI Pamekasan Madura. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observari, wawancara, angket dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis menggunakan metode deskriptif, sedangkan data kuantitatif menggunakan statistik sederhana yang terdiri atas: tahap persiapan, tabulasi dan pengolahan data. Hasil penelitian ini adalah (1) proses pembelajaran maharah kalam terdiri atas: a) materi pada tingkat mubtadi’ tentang aktifitas sehari-hari, tingkat mutawassith mempelajari tentang aktifitas di hari libur dan kegiatan di bulan Ramadhan, dan pada tingkat mutaqaddim mempelajari tentang aktifitas ekonomi, kebahasaan, politik, dan olah raga, b) metode pembelajaran pada tingkat mubtadi’, mutawassith dan mutaqaddim menggunakan metode langsung, c) media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis, gambar, lukisan, foto, VCD, LCD dan proyektor, sedangkan d) evaluasi pembelajarannya berbentuk tes lisan dan tertulis di akhir pembelajaran, (2) efektivitas pembelajaran maharah kalam pada program ini adalah: tingkat mubtadi’ sebesar  87,33% (sangat efektif), tingkat mutawassith sebesar 95,6% (sangat efektif), dan tingkat mutaqaddim sebesar 98% (sangat efektif). 3. Efisiensi pembelajaran maharah kalam pada program ini adalah: tingkat mubtadi’ sebesar 88,25% (sangat efisien), tingkat mutawassith sebesar 90,88% (sangat efisien), dan tingkat mutaqaddim sebesar 94,05% (sangat efisien).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ihya

Publisher

Subject

Education

Description

Ihya' al 'Arabiyah is a peer-reviewed academic journal, established in 2015 as part of the UIN Sumatera Utara Medan. Ihya' Journal is dedicated to the publication of scholarly articles in various branches of Arabic Studies, by which exchanges of ideas as research findings is facilitated. Ihya' ...