Indonesian Journal of History Education
Vol 7 No 2 (2019): Indonesian Journal of History Education

PEMAHAMAN SISWA TENTANG NILAI-NILAI KESEJARAHAN ORGANISASI SYARIKAT ISLAM DI SMA COKROAMINOTO 1 BANJARNEGARA

Hidayat, Adi Riski (Unknown)
Purnomo, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis pemahaman siswa tentang nilai-nilai kesejarahan, (2) menganalisis implementasi pemahaman siswa tentang nilai-nilai kesejarahan, dan (3) menganalisis kendala siswa dalam memahami nilai-nilai kesejarahan organisasi Syarikat Islam, di SMA Cokroaminoto 1 Banjarnegara. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan strategi studi kasus. Sumber data meliputi informan, peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan kajian dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil menunjukkan 1) pemahaman siswa tentang nilai-nilai kesejarahan Syarikat Islam belum optimal. Siswa belum tentu memahami nilai-nilai kesejarahan Syarikat Islam meskipun sekolah tersebut berlabel Syarikat Islam. Pemahaman siswa tidak bisa digeneralisasikan dalam kategori tertentu. 2) Implementasi pemahaman siswa tentang nilai-nilai kesejarahan organisasi Syarikat Islam masih kurang. Implementasi siswa muncul dari pemahaman, sedangkan pemahaman muncul dari pembiasaan. 3) Siswa juga menemui kendala yang cukup banyak dalam memahami nilai-nilai kesejarahan Syarikat Islam dari pembelajaran, fasilitas, dan guru sejarah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijhe

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesia Journal of History Education (IJHE) adalah jurnal yang menerbitkan artikel hasil penelitian atau konseptual tentang pendidikan sejarah yang meliputi kajian kurikulum sejarah, proses pembelajaran, media dan sumber belajar sejarah, inovasi pendidikan sejarah dan pendidikan. IJHE merupakan ...