Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital book matematikamenggunakan software Kvisoft Flipbook berbasis Problem Solving pada materi Teorema PythagorasKelas VIII SMP/MTs dan untuk menguji kelayakan media digital book yang dikembangkan melalui paraAhli serta mengetahui kemenarikan respon peserta didik. Jenis penelitian dan pengembangan (Researchand Development). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model ADDIE(Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Tahap development melibatkan 6validator menilai kelayakan materi dan media.tahap Implementation melibatkan 80 peserta didik (30peserta didik di MTs Negeri 2 Bandar Lampung, 30 peserta didik di SMP Negeri 21 Bandar Lampung,dan 20 peserta didik SMPN 36 Bandar Lampung). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalahangket atau kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Teknikanalisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian ini adalah diketahuinya kelayakan menurut para ahli yang meliputi ahli media,ahli materi, praktisi juga dengan mengetahui kemenarikan dari pengembangan media pembelajaranberupa digital book dalam pembelajaran matematika pada materi teorema Pythagoras. Hasil validasi dariahli materi, ahli media yang dilakukan dalam 2 tahap hasil presentase rata-rata ahli materi sebesar 86%dan ahli media sebesar 86%. Untuk respon peserta didik terhadap media pembelajaran berupa digital bookberbasis problem solving memperoleh hasil skor yaitu untuk MTs Negeri 2 Bandar Lampung sebesar 85%,SMPN 21 Bandar Lampung sebesar 86% dan SMPN 36 sebesar 84%.
Copyrights © 2019