Jurnal Ilmiah METHONOMI
Methonomi Edisi Khusus (Suplemen) Tahun 2016

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA TELEKOMUNIKASI PADA PT. TELKOM MEDAN

Tiur Rajagukguk (Universitas Methodist Indonesia)
Gita Febriani (Universitas Methodist Indonesia)
Devi Olivia (Universitas Methodist Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi dan terhadap keputusan menggunakan jasa telekomunikasi pada PT. Telkom Medan. Metode pengambilan sampel yang digunakan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh 44 responden. Variabel bebas pada penelitian ini adalah produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan tempat (X4), sedangkan variabel terikat adalah keputusan konsumen (Y).  Metode analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga, promosi dan tempat secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa telekomunikasi PT. Telkom. Secara parsial menunjukkan bahwa produk, harga, promosi dan tempat memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa telekomunikasi PT. Telkom. Faktor tempat mempunyai pengaruh yang lebih dominan terhadap keputusan konsumen dibandingkan dengan harga, promosi dan produk. Pengaruh tempat (69,70 %) lebih dominan berperan meningkatkan keputusankonsumen dibandingkan faktor harga (33,10 %), promosi (32,60 %) dan produk (32,20 %).

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jimetho

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Methonomi adalah jurnal ilmiah resmi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia untuk menyajikan tulisan ilmiah dari empat konsentrasi ilmu pada program studi manajemen yaitu manajemen keuangan , manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan ...