cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah METHONOMI
ISSN : 2460562X     EISSN : 25989693     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Ilmiah Methonomi adalah jurnal ilmiah resmi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia untuk menyajikan tulisan ilmiah dari empat konsentrasi ilmu pada program studi manajemen yaitu manajemen keuangan , manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen operasi. Methonomi juga menjadi wahana komunikasi ilmiah diantara dosen di lingkungan Universitas Methodist Indonesia dan dari Universitas atau Lembaga Penelitian lain yang ingin menyumbangkan karya ilmiah bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Methonomi terbit dua kali setahun (Juni dan Desember).
Arjuna Subject : -
Articles 137 Documents
PENGARUH KEDISIPLINAN KERJA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV KEBUN TOBASARI Sahat Parulian Remus Silalahi
Jurnal Ilmiah METHONOMI Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.005 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kedisiplinan kerja dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara IV Kebun Tobasari. Alasan pemilihan lokasi penelitian ini adalah karena PT. Perkebunan Nusantara IV Kebun Tobasari merupakan salah satu perusahaan perkebunan swasta nasional yang sedang berkembang.Penelitian ini dilaksanakan di PT. Perkebunan Nusantara IV Kebun Tobasari mulai tanggal 22 Februari 2012 sampai dengan tanggal 30 Agustus 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu metode kuesioner.Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan kerja dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan yang diinginkan oleh perusahaan digunakan beberapa teknik analisis data yaitu analisis asumsi klasik dan analisis regresi linear sederhana. Dari hasil output SPSS didapatkan bahwa hubungan antara kedisiplinan kerja dan produktivitas kerja karyawan adalah sebesar 52,4%, sedangkan sisanya 47,6% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini seperti motivasi kerja, gaya kepemimpinan dan faktor lainnya. Dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan kerja memberikan perngaruhpositif dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara IV Kebun Tobasari.Kata kunci: Kedisiplinan kerja, produktivitas kerja
ANALISIS PENGARUH HUMAN RELATION TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) MEDAN Kristanty Natalia Marina Nadapdap
Jurnal Ilmiah METHONOMI Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.274 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh human relation terhadap kinerja karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara III Medan (Persero) Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana di dalamnya terdapat hipotesis yang dibuktikan dengan perhitungan statistik. Teknik penggalian data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka. Serta ruang lingkup penelitian ini terbatas pada bidang personalia PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan. Peneliti menggunakan angket berstruktur sebagai alat / instrumen untuk memperoleh data primer (kualitatif) dengan sistem skala likert yang disebarkan kepada 65 orang responden.Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan model teknik analisis regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian dan uji statistic diketahui bahwa Fhitung > dari Ftabel (5.652 > 3.993). Karena Fhitung > dari Ftabel (5.652 > 3.993), maka Ho di tolak dimana secara bersama-sama human relation berpengaruh signifikan terhadap kinerja pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan.Berdasarkan koefisien determinasi nilai R dalam penelitian ini adalah 0,082 yang berarti 8,2% kinerja dipengaruhi oleh human relation, sedangkan 91,8% kinerja PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
PENERAPAN SWOT SEBAGAI DASAR PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA TBK, KABANJAHE Sahat Parulian Remus Silalahi
Jurnal Ilmiah METHONOMI Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.739 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, Cabang Kabanjahe dan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan SWOT sebagai dasar penentuan strategi pemasaran pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, Cabang Kabanjahe. Jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian pustaka dan penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif – deduktif.Kekuatan PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, Cabang Kabanjahe adalah kemampuan pegawai, gedung megah, persyaratan pinjaman, keterampilan pegawai, hubungan dengan nasabah, jenis produk yang ditawarkan, pencatatan transaksi dengan komputer, bunga kredit relatif rendah, biaya administrasi rendah, citra bank, lokasi bank dekat dengan pusat kota. Kelemahan PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, Cabang Kabanjahe adalah tempat parkir kurang luas, atm sering bermasalah, persetujuan permohonan kredit lama, bunga simpanan lebih rendah dan promosi kurang gencar. Peluang bagi PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, Cabang Kabanjahe dengan indikator penelitian adalah pertumbuhan penduduk, jaminan simpanan nasabah dari LPS, kerjasama dengan instansi pemerintah, kerjasama dengan perusahaan swasta, adanya kepercayaan pemerintah untuk menyalurkan kredit usaha mikro, membuka kantor perwakilan, menambah jenis produk dan pendapatan masyarakat tinggi. Ancaman yang dihadapi PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, Cabang Kabanjahe dengan indikator penelitian adalah masuk bank sejenis, adanya bank perkreditan rakyat, adanya credit union (CU) dan strategi bisnis mudah ditiru pesaing. Dari hasil pembobotan terhadap kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats), maka strategi pemasaran yang tepat pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, Cabang Kabanjahe adalah strategi agresif.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP TARGET PENJUALAN PADA PT. MASSINDO KARYA PRIMA MEDAN Sahat Parulian Remus Silalahi
Jurnal Ilmiah METHONOMI Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.754 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh dari strategi pemasaran terhadap volume penjualan pada PT. Massindo Karya Prima Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan regresi linier berganda.Dari hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut: Secara parsial, strategi produk dan strategi harga pada PT. Massindo Karya Prima berpengaruh terhadap penjualan produk, sedangkan strategi distribusi dan strategi promosi berpengaruh tidak nyata. Secara serempak variabel strategi promosi, strategi harga, strategi distribusi, dan strategi promosi berpengaruh nyata terhadap penjualan produk. Sebesar 70,70 % dari perubahan penjualan dapat dijelaskan oleh perubahan strategi produk, harga, distribusi, dan promosi secara serempak. Sedangkan sebagian lagi (29,30 %) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan sebagai variabel dalam penelitian. Perusahaan kurang mampu memenuhi jumlah permintaan atas produk, padahal permintaan atas produk cukup tinggi. Keadaan tersebut disebabkan kapasitas produksi perusahaan terlalu rendah dibanding dengan jumlah permintaan. Disamping itu, kapasitas produksi yang terdapat pada perusahaan juga sering tidak dapat dimanfaatkan sepenuhnya sebagai akibat adanya gangguan produksi. Perusahaan juga kurang memperhatikan persaingan harga, karena harga produk yang ditawarkan perusahaan terlalu tinggi. Perusahaan tidak dapat menetapkan harga yang lebih bersaing sebagai akibat tingginya biaya produksi dan biaya operasional.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN INFORMASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PUBLIK DI INDONESIA : STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Merry Anna Napitupulu
Jurnal Ilmiah METHONOMI Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.907 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh antara company size, profitabilitas, leverage, likuiditas dan institutional ownership terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2015. Total sampel penelitian adalah 29 perusahaan yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Tehnik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda yang sebelumnya telah dianalisis dengan uji normalitas dan uji asumsi klasik (multikolinearitas, autokorelasi dan heterokedastisitas).Hasil penelitian menunjukkan bahwa company size berpengaruh signifikan positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Di sisi lain, profitabilitas, leverage, likuiditas dan institutional ownership tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ( STUDI KASUS PADA PDAM TIRTA NCIHO SIDIKALANG ) Anggiat Parluhutan Tambunan
Jurnal Ilmiah METHONOMI Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (713.219 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa air minum Pada PDAM Tirta Nchio Sidikalang. 2) untuk mengetahui dan  menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa air minum Pada PDAM Tirta Nchio Sidikalang. Penelitian ini dilakukan di  PDAM Tirta Nchio Sidikalang Kabupaten Dairi. Sampel dari penelitian ini adalah orang – orang yang menggunakan jasa air minum Pada PDAM Tirta Nchio Sidikalang dengan jumlah responden sebanyak 100 responden dengan pengumpulan data, observasi dan wawancara. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner kemudian dianalisis dengan metode menggunakan program SPSS versi 21.Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa air minum Pada PDAM Tirta Nchio Sidikalang. Diperoleh bahwa nilai thitung untuk variabel bebas lebih besar dari ttabel, maka Ha diterima artinya variabel harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa air minum Pada PDAM Tirta Nchio Sidikalang. Pada Uji serempak Ha diterima, artinya secara serempak variabel harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa air minum Pada PDAM Tirta Nchio Sidikalang. Pada R square dengan nilai 0,862 (86,2%) harga dan kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa di PDAM Tirta Nchio Sidikalang, sisanya 13,8% dijelaskan oleh faktor lain seperti proses belajar konsumen dan pengetahuan konsumen. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,86,2 atau  86,2% ini member arti bahwa 86,2% variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan (Y) dapat dijelaskan oleh harga (X1) dan kualitas pelayanan (X2). Sedangkan sisanya sebesar 13,8% merupakan variabel yang tidak diteliti dalam model penelitian ini seperti proses belajar konsumen dan poengetahuan konsumen terhadap jasa PDAM Tirta Nchio Sidikalang.Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
PERSEPSI KUALITAS LAYANAN WARUNG INTERNET DI KOTA MEDAN Winarto Winarto
Jurnal Ilmiah METHONOMI Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.604 KB)

Abstract

The purpose of the research is to examine the service quality perception of Internet cafe in Medan City. The research has been conducted in 30 Internet cafe, used a convenience sampling method to survey 286 respondents. The questionnaire measures five dimensions of service quality; tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy. Overall, the perception of service quality of Internet Cafe in Medan city is adequately good. Finally, implications and suggestions for future research are discussed.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KOTA MEDAN (STUDI KASUS USAHA KECIL DAN MENENGAH) Anton Atno Parluhutan Sinaga
Jurnal Ilmiah METHONOMI Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.952 KB)

Abstract

Kesejahteraan sosial adalah suatu kegiatan yang terorganisir dengan tujuan membantu penyesuaian timbal balik antara individu-individu dengan lingkungan sosial mereka. Tujuan ini dicapai secara seksama melalui teknik- teknik dan metode-metode dengan maksud agar memungkinkan individuindividu, kelompok-kelompok maupun komunitas-komunitas memenuhi kebutuhan-kebutuhan dan memecahkan masalah-masalah penyesuian diri mereka terhadap perubahan pola-pola masyarakat, serta melalui tindakan kerjasama untuk memperbaiki kondisi-kondisi ekonomi dan sosial. Dengan potensi UKM yang dimiliki, sangat memungkinkan menggali seluruh potensi ekonomi yang ada, menuju percepatan pertumbuhan ekonomi, menurunkan angka kemiskinan kota dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Tujuan penelitian ini diarahkan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi kesejahteraan masyarakat Kota Medan. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif Kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data sekunder dan primer. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yang telah ditetapkan dengan menggunakan data sampel yang diperoleh. Metode Statistik Inferensial yang digunakan dalam analisis data penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM).Hasil deskriptif penelitian ini mengindikasikan kesejahteraan masyarakat di Kota Medan masih berada pada kriteria kurang baik. Hal ini terlihat dari skor rata – rata masing – masing variabel laten kesejahteraan masyarakat lebih kecil dari skor ambang batas tengah 9. Hasil kajian hipotesis penelitian ini kualitas hidup dari segi materi, kualitas hidup dari segi fisik, kualitas hidup dari segi mental, kualitas hidup dari segi spiritual merupakan empat faktor yang berpengaruh positif dan signifikan kesejahteraan masyarakat Kota Medan.Kata Kunci : Usaha Kecil dan Menengah, Kesejahteraan Masyarakat
PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT. INDOJAYA AGRINUSA Maludin Panjaitan
Jurnal Ilmiah METHONOMI Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.1 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai pada PT. Indojaya AgrinusaAnalisa korelasi product moment diketahui bahwa terdapat pengaruh positif antara pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai dengan korelasi sebesar 0,54. Berdasarkan interpretasi tersebut maka pengaruh pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai pada kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa telah terjadi pengaruh positif antara pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai pada PT. Indojaya Agrinusa. Hasil uji signifikan, diperoleh t-hitung sebesar 5,8448. Selanjutnya harga t- hitung tersebut dibandingkan dengan harga t-tabel dengan tingkat kesalahan 5% dan dk=83, maka diperoleh nilai t-tabel berada diantara 2,000 dan 1,980. Dengan demikian dapat dilihat bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel dan t-hitung berada pada daerah Ha (hipotesa alternatif). Jadi kesimpulannya koefisien korelasi antara pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai sebesar 5,8448 adalah signifikan dan Hipotesa Alternatif diterima, artinya koefisien tersebut dapat digeneralisasikan atau dapat berlaku pada populasi di mana sampel yang 85 orang diambil. Perhitungan koefisien determinant diperoleh bahwa terdapat pengaruh pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai yakni sebesar 29,16%. Dan sisanya sebesar 70,84% dipengaruhi oleh faktor lain di luar daripada penelitian ini.
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNG JAWABAN SEBAGAI ALAT BANTU DALAM PENILAIAN KINERJA MANAJEMEN PADA PT. KARYA MURNI PERKASA GROUP Tri Dharma Sipayung
Jurnal Ilmiah METHONOMI Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.186 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat akuntansi pertanggungjawaban telah bermanfaat sebagai alat bantu manajemen dalam penilaian kinerja pusat biaya pada PT. Karya Murni Perkasa Group. Penulis melakukan penelitian di PT. Karya Murni Perkasa Group di Kawasan Industri Medan (KIM) yang berada di jalan Bunaken No 10 KIM-III Medan.Dalam penelitian ini penulis menggunakan data sekunder,dan metode pengumpulan data yang dipakai penulis yaitupenelitian lapangandanpenelitian pustaka. Dalam perusahaan, informasi akuntansi pertanggungjawaban sangat penting bagi perusahaan karena merupakan suatu proses pengumpulan data dan pencatatan serta penyajian laporan atas transaksi atau pun data keuangan yang telah lalu agar dapat membantu manajemen dalam memperoleh informasi yang berhubungan dengan pendapatan dan biaya melalui laporan yang disajikan sebagai ukuran kegiatan perusahaan yang telah dilaksanakan berdasarkan tanggungjawab yang telah ditetapkan,agar dapat menelusuri penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada anggaran yang telah di buat. Dalam penentuan batas wewenang dan tanggung jawab  dalam struktur organisasi juga dapat membantu dalam membuat laporan pertanggungjawaban bagi tiap-tiap bagianya. Setiap pusat biaya bertanggungjawab terhadap biaya yang dikeluarkan tiap departemenpada pusat biaya dapat di ukur dan dinilai berdasarkan anggaran biaya dan realisasinya,dimana di dalam perbandingan tersebut ada yang menguntungkan (favorable) dan tidak menguntungkan (unfavorable)jika dalam penyimpangan ini menguntungkan maka manajer mendapatkan pengahargaan, jika penyimpangan ini tidak ada yang menguntungkan maka manajer akan di berikan teguran dan saran-saran supaya manajer dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Page 1 of 14 | Total Record : 137