Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
Vol 20, No 1 (2020)

Meningkatkan Kreativitas Menulis Mahasiswa Melalui Metode Menulis Pengalaman Pribadi

Arfin Arfin (Universitas Muhammadiyah Kendari)
Pahenra Pahenra (Universitas Muhammadiyah Kendari)
Asrul Asrul (Universitas Muhammadiyah Kendari)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2020

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah kreatifitas menulis mahasiswa dapat ditingkatkan melalui metode menulis pengalaman pribadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan faktor yang diteliti yaitu faktor mahasiswa dan faktor metode. Penelitian dilaksanakan melalui prosedur perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan penilaian, serta refksi. Data dikumpulkan dengan cara teknik tes dan non tes, kemudian dianalisis secara analisis kualitatif dengan idikotor berhasilan 76% secara individu maupun secara klasikal. Hasil penelitian yaitu kreatifitas menulis mahasiswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode menulis pengalaman pribadi di Program Studi Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari, dengan nilai rata-rata secara klasikal 76,15%  yang sebelumnya nilai rata-rata kreatifitas menulis mahasiswa berkisar 58,45% pada pratindakan dan 63,18% pada tindakan siklus 1. Kemampuan dan keterampilan menulis mahasiswa dikategorikan kreatif dan memenuhi nilai ketuntasan minimal 76%.

Copyrights © 2020