EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi
Vol 5 No 2 (2020): Volume 05 No. 02 Januari 2020

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GEOMETRI BANGUN RUANG DI SDN KARANGMOJO II

Fitri Umardiyah (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2020

Abstract

ABSTRACT Constructivism learning is generative learning, namely the act of creating something meaningful from what is learned. This learning is very suitable for the material of building space using concrete objects media because students can construct their own knowledge from what has been learned. Based on classroom action research conducted at SDN Karangmojo II, there was an increase in student learning outcomes in class V at the second meeting, from 54% of students completing KKM to 88% of students completing KKM. Therefore, it can be concluded that constructivism learning using concrete objects media can actually improve student learning outcomes V on geometry material of space. Keywords: Konstruktivisme Learning, Media benda konkret, Geometri bangun ruang ABSTRAK Pembelajaran konstruktivisme merupakan pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Pembelajaran ini sangat sesuai pada materi bangun ruang dengan menggunakan media benda konkret karena siswa dapat mengkonstruk sendiri pengetahuannya dari apa yang telah dipelajari. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN Karangmojo II didapatkan peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada pertemuan kedua yaitu dari 54% siswa tuntas KKM menjadi 88% siswa yang tuntas KKM. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran konstruktivisme menggunakan media benda konkret ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa V pada materi geometri bangun ruang. Kata Kunci: Pembelajaran Konstruktivisme, Media benda konkret, Geometri bangun ruang

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

eduscope

Publisher

Subject

Education

Description

EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang. Jurnal Eduscope memiliki tujuan untuk memberikan informasi-informasi dari hasil penelitian dan kajian ...