Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP) Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran
Vol 5, No 2 (2019)

Pengembangan Video Pembelajaran Kalor untuk Siswa Kelas VII

Ulyana, Ardiyanti (Unknown)
Abidin, Zainul (Unknown)
Husna, Arafah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Abstrak: Tujuan dari pengembangan yaitu menghasilkan produk media video pembelajaran yang valid sebagai sumber belajar yang efektif dalam mata pelajaran IPA materi pokok Kalor kelas VII C.  Penelitian ini menggunakan model pengembangan Sadiman. Peneliti memilih model Sadiman karena model ini dirancang untuk mengembangkan media pembelajaran berupa audio, video dan film. Selain itu model pengemba-ngan ini sistematis dan sederhana sehingga mudah untuk dikontrol di setiap langkahnya.  Adapun langkah-langkah yang dilakukan (1) identifikasi kebutuhan, (2) perumusan tujuan, (3) perumusan butir-butir materi, (4) perumusan alat pengukur keberhasilan, (5) penulisan naskah media, (6) produksi, (7) uji coba, (8) revisi, dan (9) media siap pakai.Abstract: The purpose of development is to produce a valid instructional video media as a source of effective learning in science this topic of Calor in Seventh Grade class C. This research uses model of development Sadiman. Researchers chose Sadiman models because this model is designed to develop learning media such as audio, video and film. Besides the development model is a systematic and simple, so easy to be controlled at every step. The steps is, (1) Need assessment, (2) The formulation of objectives, (3) the formulation of the material, (4) the formulation gauges success, (5) scriptwriting media, (6) production, (7) trials, (8) the revision, and (9) media ready to use.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jinotep

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran is a journal in the field of educational technology that contains literature review, action research, case study research, and empirical findings in scientific disciplines of educational ...