RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 2, No 1 (2015)

PENGEMBANGAN INSTRUMEN KOMUNIKASI MATEMATIKA UNTUK SISWA SMP

Alamsyah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2015

Abstract

Abstrak: Kualifikasi Akademik dan Standar Kompetensi Guru dinyatakan bahwa salah satu kompetensi inti guru adalah menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Memperhatikan tuntutan kompetensi guru pada Permendiknas, dapat diketahui bahwa salah satu kompetensi yang harus dimilikiguru adalah mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses hasil belajar. penelitianini hanya menyajikan pengembangan instrument untuk mengukur kemampuan komunikasi matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Negri 2 Cibarusah. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Devolepment). Pengembangan instrument tersebut merupakan salah satu langkah dari penelitian yang dilakukan oleh punulis. Instrumen yang dibuat harus valid dan reliabel agarkesimpulan yang dihasilkan dari penelitian yang dilakukan bisa digunakan dengan baik. Langkah- langkah pengembangan instrument meliputi: (1) studi literature mengenai komunikasi matematis; (2) membuat kisikisi berdasarkan kurikulum, bahan ajar, indikator kemampuan komunikasi matematis, karakteristik pembelajaran yang digunakan, karakteristik dan kemampuan siswa; (3) penyusunan butirtes; (4) valid asimukadanisi; (5) revisi berdasarkan hasil validasi mukadanisi; (6) uji coba; (7) analisis hasil uji coba.Setelah dianalisis maka diperoleh hasil berupa seperangkat instrument tes komunikasi matematis yang valid dan reliabel, untuk siswaSekolah Menengah Pertama yang terdiri dari 9 butir soal.Kata Kunci: komunikasi matematika, instrumen komunikasi matematika, pembelajaran matematika

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...