RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 3, No 2 (2017)

PENTINGNYA SELF REGULATED LEARNING BAGI PESERTA DIDIK DALAM PENGGUNAAN GADGET

Yulanda, Novidya (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2017

Abstract

AbstrakSelf Regulated Learning (SRL), merupakan sebuah konsep tentang pengelolaan diri dalam belajar. Teori kognisi social dari Bandura (1997) menjelaskan bahwa pribadi (person),perilaku(behavior),danlingkungan (environment) merupakan sebuah komponen yang tak terpisahkan. Ketigaaspek determinaninisalingberhubungan sebab? akibat,dimanapersonberusaha untuk meregulasi dirisendiri(selfregulated), hasilnyaberupakinerjaatauperilaku, dan perilakuiniberdampak padaperubahan lingkungan, dandemikianseterusnya.Artikel ini membahas tentang pentingnya selfregulated learning bagi peserta didik dalam penggunaan gadgetsebagai media yang sering digunakan anak dalam kegiatan mencari informasi di dalam proses pembelajaran. Gadget sebagai alat yang canggih mestinya dapat memberikan banyak manfaat ketimbang akibat buruk yang muncul karena kesalahan pemakaiannya.Oleh karena itu, diperlukan kreativitas bagi pemilik gadget sehingga dampak buruk dapat dihindari dan hasil positif dapat diraih.Penelitian mengatakan bahwa yang mempengaruhi tumbuhnya Self Regulated Learning adalah self efficacy dan dukungan sosial, kedua hal ini berdampak pada positif terhadap individu karena apabila individu tersebut mampu mengelola secara efektif pengalaman belajarnya sendiri sehingga mencapai hasil belajar yang optimal. Disisi lain self regulated learningdapat juga digunakan oleh sebagian guru/dosen sebagai model/strategi pembelajaran untuk meningkatkan proses pembelajaran di kelas.Kata kunci : Self Regulated Learning, Informasi, Dampak Gadget

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...