RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 5, No 2 (2019)

MODEL PREDIKTIF UNTUK AKREDITASI SEKOLAH TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Irvan, Moh. (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Purnama, Yohanes (IPB University)
Vhalery, Rendika (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2019

Abstract

Aspek utama yang menentukan keberhasilan suatu bangsa adalah pendidikan. Oleh sebab itu, pemerintah memutuskan untuk seluruh sekolah perlu diberikan nilai kelayakan (akreditasi). Dalam kajian ini ingin membangun satu model prediksi untuk akreditasi sekolah di tingkat SMP. Pendekatan dengan teknik mechine learning digunakan pada pemodelan ini. Beberapa algoritma yang diterapkan memiliki nilai akurasi pada rentang 76% sampai dengan 79%, hal ini masih dapat ditingkatkan kembali.  Namun berdasarkan nilai AUC sebesar 76% model Random Forest memiliki prediksi yang baik dibandingkan model lainnya. Karena model Random Forest mampu memprediksi kelas minoritas tipe “akreditasi A” lebih tinggi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...