RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 4, No 2 (2018)

REVITALISASI PEMBELAJARAN IPS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Yulanda, Novidya (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Artikel ini berawal dari opini yang berkembang di kalangan peserta didik, orangtua dan masyarakat bahwa IPS itu merupakan mata pelajaran yang membosankan dan dianggap sepele. Sehingga IPS kurang populer dan menjadi mata pelajaran “kelas dua” dimata peserta didik dan orang tua. Padahal pada dasarnya IPS merupakan sebuah mata pelajaran yang sangat penting dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Revitalisasi pembelajaran IPS dilakukan dengan memperbaiki kurikulum pendidikan IPS mulai dari konten (muatan) pembelajaran IPS , metode dan sumber pembelajaran IPS, serta revitalisasi dalam proses penilaian pembelajaran IPS. Revitalisasi ini diharapkan menjadi sebuah solusi mengembalikan mata pelajaran IPS kembali kepada tujuan awalnya yaitu untuk melatih dan meningkatkan hard skill dan soft skill salah satunya keterampilan berpikir kritis peserta didik sebagai bekal mereka dalam kehidupan bermasyarakat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...