Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh metode pembelajaran tetap dan bertahap terhadap hasil belajar kemampuan servis tenis lapangan dan (2) Metode pembelajaran manakah yang berpengaruh lebih baik antara pembelajaran tetap dan bertahap terhadap hasil belajar kemampuan servis tenis lapangan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa putra Program Studi Penkepor Semester II JPOK FKIP UNS tahun 2013/2014 berjumlah 57 mahasiswa. Teknik pengambilan sempel dilakukan secara random sampling, diambil 30 mahasiswa secara acak. Teknik analisis data menggunakan uji–t dengan melalui persyaratan uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil penelitian disimpulkan: (1) Ada pengaruh metode pembelajaran tetap dan bertahap terhadap hasil belajar kemampuan servis tenis lapangan dengan thitung = 3.417 > ttabel = 2.145 dan (2) Metode pembelajaran bertahap lebih baik dibanding dengan metode pembelajaran tetap terhadap hasil belajar kemampuan servis tenis lapangan dengan peningkatan metode pembelajaran bertahap = 37.500% > metode pembelajaran tetap = 20.940%.
Copyrights © 2016