PAEDAGOGIA
Vol 17, No 1 (2014): PAEDAGOGIA Jilid 17 Nomor 1 (2014)

PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PREDICT PLANNING OBSERVE, PLANNING, OBSERVE, EXPLAIN, WRITE (P2OEW) PADA MATERI PENCEMARAN DI SMA

Andini Dewi Sekarningrum (Program Magister Pendidikan Sains, FKIP Universitas Sebelas Maret)
Sajidan Sajidan (Program Magister Pendidikan Sains, FKIP Universitas Sebelas Maret)
Sarwanto Sarwanto (Program Magister Pendidikan Sains, FKIP Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2019

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan model pembelajaran P2OEW pada materi pencemaran, (2) efektivitas produk model pembelajaran P2OEW pada materi pencemaran terhadap hasil belajar, (3) perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran P2OEW pada materi pencemaran. Penelitian ini menggunakan metode R&D yang dimodifikasi, yaitu (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) melakukan perencanaan, (3) mengembangkan bentuk produk awal, (4) melakukan ujicoba terbatas, (5) melakukan revisi terhadap produk utama, (6) uji coba lapangan, dan (7) melakukan revisi terhadap produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelayakan model pembelajaran P2OEW  berkategori sangat baik setelah dilakukan uji coba lapangan; (2) peningkatan hasil belajar siswa cukup signifikan, yaitu dalam kategori sedang setelah diterapkan model pembelajaran P2OEW; (3) ada perbedaan hasil belajar siswa setelah dilakukan uji secara statistik, yaitu perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah dilakukan model pembelajaran P2OEW.

Copyrights © 2014