PAEDAGOGIA
Vol 19, No 2 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 2 (2016)

ENHANCING STUDENTS’ SELF-ESTEEM IN WRITING NARRATIVE TEXT USING COLLABORATIVE LEARNING

Fatma Indratama (English Education Department of Teacher Training and Education Faculty Sebelas Maret University)
Suparno Suparno (English Education Department of Teacher Training and Education Faculty Sebelas Maret University)
Dewi Rochsantiningsih (English Education Department of Teacher Training and Education Faculty Sebelas Maret University)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan harga diri siswa da-lam menulis teks naratif dengan menggunakan metode collaborative learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMA N  Surakarta tahun 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus selama tiga bulan. Dengan menggunakan metode collaborative learning, masalah siswa yang berkaitan dengan harga diri mereka dalam pembelajaran menulis dapat  diatasi. Sikap siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung menunjukkan peningkatan. Peningkatan harga diri siswa dalam menulis terlihat pada setiap aspek harga diri (competence, self-worth, success and confidence). Jumlah siswa yang percaya dapat menulis teks bahasa Inggris dengan benar meningkat dari 15% menjadi 96,5%. Jumlah siswa yang merasa berharga dalam proses diskusi meningkat dari 67,89% menjadi 87,86%. Jumlah siswa yang percaya bisa sukses dalam menulis meningkat dari 60,66% menjadi 94,75%. Jumlah siswa yang percaya diri dapat menulis teks naratif bahasa Inggris meningkat dari 42% menjadi 89,5%. Di samping itu, peningkatan sikap siswa juga telah mempengaruhi kemampuan menulisnya.

Copyrights © 2016