PAEDAGOGIA
Vol 19, No 2 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 2 (2016)

PENERAPAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI

Yunianto Dwihartanto (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sebelas)
Edy Suryanto (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sebelas)
Andayani Andayani (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sebelas)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar menulis argumentasi dengan menggunakan metode investigasi kelompok. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan strategi deskriptif kualitatif. Objek penelitian kelas X3 SMA Surakarta sebanyak 36 siswa. Sumber data meliputi tempat dan peristiwa, informan, dan dokumen. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner, tes, dan wawancara mendalam. Analisis data menggunakan teknik analisis kritis. Penelitian ini berlangsung dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi dan interpretasi tindakan. Hasil penelitian dikemukakan bahwa kualitas proses menulis argumentasi meningkat seiring dengan peningkatan motivasi dan keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran. Peningkatan kualitas hasil tampak pada nilai rata-rata menulis argumentasi pratindakan sebesar 60,66. Pada siklus I, nilai rata-rata menulis argumentasi meningkat menjadi 63,77 dan siklus 2 diperoleh nilai rata-rata menulis argumentasi sebesar 72,38.

Copyrights © 2016