Materi kinematika gerak sering dianggap sulit untuk dipahami oleh sebagian peserta didik, faktor yang mempengaruhi di antaranya kurangnya latihan soal dan strategi yang digunakan kurang bervariasi sehingga memicu tidak tertariknya dalam mempelajari materi tersebut. Maka dari itu dibuat suatu strategi pembelajaran berbasis permainan yaitu domino fisika (domika). Permainan ini tidak hanya berisi soal dan jawaban melainkan setiap peserta didik wajib memberi argumen dari jawaban tersebut. Tujuannya agar peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar dan senang mempelajari materi fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research & Development (R&D) dengan pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Hasil uji media peserta didik terhadap permainan kartu domika adalah (95%). Artinnya kartu domika valid dan efektif digunakan sebagai sarana pembelajaran fisika dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan kriteria, berantusias dalam mengerjakan soal, saling beradu argumen, dan saling bekerja sama.
Copyrights © 2020