Al-Hayat: Journal of Islamic Education
Vol 3 No 2 (2019): Al-Hayat: Journal of Islamic Education

Psychological Principle and Its Implications in Islamic Education Hasan Langgulung's Perspective

Suminto Suminto (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, East Java, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2019

Abstract

Asas psikologis pendidikan dapat difahami sebagai kebenaran yang menjadi pijakan atau dasar berpikir, baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi pendidikan yang berdasarkan atas teori- teori dari psikologi. Oleh sebab itu, menjadi sangat penting dalam memahami pendidikan, bahwa pendidikan di dalamnya juga terdapat asas-asas sebagai tempat dan pijakan yang tegak, tegak dalam materi, tegak dalam interaksi , tegak dalam inovasi, atau tegak dalam cita-citanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau library research. Adapun analisis isi atau content analysis digunakan sebagai metode analisis dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Konsep asas psikologis dalam pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung adalah dengan menekankan pada teori proses belajar serta konsep penciptaan manusia menurut pandangan Islam, yang meliputi hakikat penciptaan, potensi dasar manusia, pertumbuhan dan perkembangan kognitif serta psikologis dan ruhaniyah manusia, sehingga dapat dipahami bahwa manusia adalah mahluk yang terdiri dari unsur jasadiyah dan ruhaniyah. (2) Implikasi dari konsep asas psikologis dalam pendidikan Islam adalah memandang pendidikan sebagai proses dalam menyiapkan generasi muda agar dapat berperan sebagai generasi penerus, mentransfer pengetahuan serta nilai-nilai Islam sehingga selaras dengan tujuan manusia diciptakan, maupun dalam perilakunya sehari-hari. Oleh karenanya, dalam proses pendidikan harus memperhatikan perkembangan jiwa, maupun pertumbuhan raga peserta didik dengan mengacu pada dasar, tujuan, kurikulum, materi, serta evaluasi yang membawa fungsi manusia sebagai ‘abid dan khalifatullah yang dihiasi dengan amal saleh.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

alhayat

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Hayat: Journal of Islamic Education: e-ISSN: 2599-3046 (online) and p-ISSN: 2657-1781 (print), is an international journal published by the LETIGES collaboration with the al-Hayat al-Istiqomah foundation, Asosiasi Pascasarjana Agama Islam Swasta Indonesia (APAISI) and Association of Muslim ...