Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo Madura
Vol 9, No 2: Oktober 2016

Pendidikan Nilai-Moral Melalui Pembelajaran Pantun pada Siswa Sekolah Dasar

Deny Camalia (Universitas Trunojoyo Madura)
Wahid Khoirul Ikhwan (Universitas Trunojoyo Madura)
Mujtahidin Mujtahidin (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2016

Abstract

Kebutuhan akan pendidikan nilai moral merupakan hal yang penting untuk ditanamkan sejak dini khususnya pada anak sekolah dasar. Penanaman nilai moral dapat dilaksanakan melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia salah satunya melalui materi pantun. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pembelajaran pantun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam nenanamkan nilai moral di kelas IV SDN Bangselok 1 Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan (1) pembelajaran pantun berkaitan menggunakan metode ekspositori divariasikan dengan tanya jawab, penugasan, serta problem solving; (2) Nilai yang muncul diantaranya adalah demokratis (berpikir logis), kerja keras, religius, jujur, tanggung jawab, mandiri, kreatif, bersahabat/berkomunikasi dan gemar membaca; dan (3) upaya mengatasi kendala pembelajaran pantun dalam menanamankan nilai dengan cara mengelola interaksi antara siswa, media dan strategi pembelajaran.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pamator

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

PAMATOR JOURNAL is the Journal of Social Sciences, Economics and Humanities, published by the Institute for Research and Community Service Trunojoyo University, 2 times a year (April and ...