Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor Kesulitan Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palopo. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun hasil analisis penulis adalah: Faktor faktor kesulitan belajar bahasa Arab yang dihadapi oleh mahasiswa program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palopo antara lain faktor kurikulum dimana kurikulum yang kurang baik berpengaruh terhadap cara belajar peserta didik dan adapun komponen-komponen kurikulum yaitu, tujuan, materi, metode, evaluasi. Selanjutnya faktor peserta didik yang terdiri dari mahasiswa, latar belakang pendidikan, Tidak ada dasar dan kurangnya kosakata. Selanjutnya faktor pendidik yaitu dosen atau guru tidak kalah penting untuk diperhatikan dan pendidik harus profesional, serta memberikan pengajaran yang baik. Selain itu ada faktor metode, faktor media, faktor fasilitas, faktor sosial atau lingkungan dan yang terakhir faktor fisiologi dan psikologis.Kata kunci: Analisis, Kesulitan, Belajar Bahasa Arab
Copyrights © 2019